Skip to main content

5 Manfaat cabe untuk kesehatan, yang doyan pedas silahkan makan cabe yang banyak.

Selain rasanya yang pedas, ternyata cabe juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Kenikmatansehat~ Bagi sebagian orang, cabai (lombok) merupakan menu wajib yang harus ada dalam setiap masakan sehari-hari, bahkan ada yang tidak merasa nikmat kalau makanan yang dikonsumsi tak ada rasa pedasnya. Seolah-olah masakan yang tidak pedas tergolong makanan yang tidak enak, walaupun harganya mahal.

Ada pula beberapa orang yang nggak doyan pedas, walaupun cuma sedikit. Entah memang belum terbiasa atau memang tidak tahan dengan rasa cabe yang pedas menggelora, atau mungkin mempunyai riwayat sakit maag.

Berbagai faktor bisa mempengaruhi doyan atau tidaknya seseorang untuk memakan makanan yang pedas, ada yang doyan banget bahkan pedas level 35 pun belum terasa apa-apa. Ada juga yang lumayan doyan, yang saat merasakan pedas level 20 sudah terengah-engah. Adapula yang tidak doyan sama sekali, bahkan kalau makan makanan yang ada rasa sedikit pedas pun dia nggak mau makan.

Mungkin kita bisa menilai diri kita sendiri masuk dalam golongan yang mana, dan bagi yang tidak doyan pedas cabe mungkin termasuk makanan yang tidak nikmat bahkan tergolong makanan yang beebaya. Tapi jangan salah, cabe atau lombok banyak sekali manfaatnya.

5 Manfaat cabe bagi kesehatan

Inilah 5 Manfaat cabe (lombok) bagi kesehatan tubuh kita:

1. Melancarkan jalur pernapasan.

Kandungan vitamin A dalam cabe bisa meringankan radang paru-paru yang disebabkan oleh asap rokok. Kandungan benzopyrene dalam asap rokok juga bisa menghancurkan vitamin A dalam tubuh. Selain itu cabe juga dapat melebarkan saluran pernapasan, sehingga bisa meringankan asma.

2. Mencegah resiko penyakit jantung.

Cabe banyak mengandung asam folat, vitamin B6, pottasium, dan beta karoten. Yang bermanfaat agar kita terhindar dari serangan jantung. Vitamin B juga bisa meringankan level homocysteine, ketika level homocysteine kita tinggi maka dapat merusak pembuluh darah, meningkatkan resiko terkena Stroke, dan penyakit jantung.

3. Menurunkan berat badan.

Dari hasil penelitian, 10 gr cabe merah bisa meningkatkan pembakaran lemak pada tubuh laki-laki atau perempuan. Kandungan Capsaicin juga dipercaya bisa mengurangi asupan kalori dalam tubuh.

4. Detoksifikasi atau membersihkan tubuh.

Selain cocok untuk diet, cabe juga bisa membantu detoksifikasi gastroenteritis dalam mencerna zat makanan dan membuang zat-zat yang tidak terpakai oleh tubuh. Dan bisa meningkatkan pasokan nutrisi dalam jaringan tubuh manusia.

5. Mencegah resiko kanker usus besar.

Kandungan vitamin C pada cabe bermanfaat dalam meningkatkan imunitas tubuh. Sedangkan cartonoid lycopene, asam folat, dan beta karoten mampu mengurangi resiko kanker usus besar.

Itulah 5 Manfaat cabe atau lombok bagi kesehatan tubuh kita. Asal dikonsumsi dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan.
Semoga bermanfaat, dan semoga bisa menjadi referensi bagi kita semua, terutama bagi penggemar cabe diseluruh dunia.
Aamiin Ya Rabbal'Aalamiin.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar