Skip to main content

5 makanan pantangan saat sarapan

5 jenis makanan dan minuman yang harus dijauhi untuk sarapan.

Sarapan sangat penting untuk kesehatan tubuh, maka janganlah kamu melewatkannya. Selain kebiasaan yang buruk, meninggalkan sarapan sangat tidak dianjurkan untuk anda.

Tanpa sarapan, tubuh akan kekurangan bahan bakar, ibarat motor, sarapan adalah bensinnya. Yang merupakan bahan bakar awal untuk menjalankan aktivitas.

Sarapan bisa memenuhi kebutuhan gizi harian antara 15-30% setiap hari. Maka perlu diperhatikan makanan dan minuman yang kita konsumsi saat sarapan.

Makan pagi yang baik adalah makanan yang merupakan sumber karbohidrat, sayuran, lauk-pauk, buah dan minuman. Semua itu untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh untuk beraktivitas.


Adapula makanan atau minuman yang tidak cocok dikonsumsi saat sarapan. Mau tau ?
Saya akan membahas lima macam saja:

1. Jus buah, tanpa makanan yang lain

Jus memang terasa segar diminum kapan saja, baik siang, malam ataupun pagi hari, namun perlu diketahui, minum jus dipagi hari tanpa makanan yang lain sangat tidak dianjurkan.
Apalagi jus yang beli di pasaran yang biasanya sudah ditambahkan gula, pewarna, pengawet dan bahan lain yang tidak baik untuk kesehatan.

Jus hanya mengandung karbohidrat dan gula, sehingga jika anda mengkonsumsi jus buah saat sarapan, maka sebelum siang sudah lapar lagi. Jikalau terpaksa harus seperti itu, usahakan jus yang kita konsumsi adalah buatan sendiri.

2. Cake, donat, croissant, muffin, dan begel.

Cake dan saudaranya sebaiknya jangan dijadikan menu sarapan yang utama. Karena makanan ini banyak mengandung lemak dan gula. Seperti donat yang bahan bakunya gula, krim dan kemudian di goreng. Ini menyebabkan tingginya kalori dan minim gizi.

3. Nugget, sosis, Hamburger, dan sejenisnya.

Sosis dan nugget kerap sekali digunakan sebagai menu sarapan dikarenakan sangat praktis. Akan tetapi perlu diketahui bahwa daging hasil pemrosesan adalah tipe daging yang tidak baik untuk kesehatan.

4. Sereal yang kurang mengandung serat.

Susu dan sereal juga termasuk sarapan favorit bagi anak-anak sebelum berangkat ke sekolah.
Seperti yang di iklan kan di TV.
Kalau memang harus sarapan sereal, pilihlah sereal yang minimal mengandung 3gram serat.

5. Nasi, bihun, dan gorengan.

Nasi adalah menu sehari-hari kita, untuk bisa beraktifitas dengan maksimal. Sarapan nasi dipadukan bihun dan gorengan tidak baik. Karbohidrat yang banyak ditambah lemak dari gorengan yang mengandung banyak minyak.

Kalaupun nasi dikonsumsi dengan lauk yang mengandung protein, sayur, buah dan susu sangat dianjurkan, dikarenakan untuk memenuhi asupan gizi.

Wallohu A'lam Bis Showab.
Semoga bermanfaat
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar